Usaha Bangkrut, Kini Miliki Lima Perusahaan: Kisah Inspiratif Donanto

Pengusaha

Donanto, seorang pengusaha yang pernah menghadapi masa-masa sulit, kini menjadi salah satu contoh sukses yang inspiratif. Lima tahun yang lalu, dia mengalami kebangkrutan yang membuatnya kehilangan segalanya, termasuk rumah tempat tinggalnya. Namun, melalui ketekunan dan inovasi, Donanto berhasil bangkit dan kini memiliki lima perusahaan yang berkembang pesat.

Perjuangan Melawan Utang

Pada momen terberat dalam hidupnya, Donanto berjuang untuk melunasi utang bank yang membebani. "Aset kita jual sampai rumah hilang karena pengin nutupi utang bank," kenangnya. Lima tahun yang lalu, Donanto bahkan harus tinggal di rumah kontrakan. Teman dan saudara pun banyak yang menjauh, mengira ia akan meminta bantuan finansial.

Namun, justru dari titik nadir tersebut, Donanto menemukan kekuatan untuk bangkit. "Saya pasrahkan kepada Allah, yang maha kaya. Akhirnya, dari situlah kita bisa bangkit lagi," ujarnya.

Transformasi dan Inovasi Bisnis

Donanto memulai kembali dengan membuka lembaga kursus LPK di Kediri dan kemudian mengembangkan bisnis budidaya Sidat (unagi). Saat berada di Jepang, ia melihat peluang besar di industri ini. Di Jepang, Sidat sudah menjadi barang langka dan mahal. Donanto pun memanfaatkan peluang ini dengan mengembangkan budidaya Sidat di Indonesia dan mulai mengekspornya ke Jepang pada tahun 2016.

Ekspansi Usaha

Kesuksesan budidaya Sidat membawa Donanto untuk memperluas usahanya ke berbagai bidang. Berikut adalah lima perusahaan yang kini ia miliki:

1. Duta Unagi: Mengelola budidaya dan ekspor Sidat ke Jepang. 
2. Perusahaan Pakan Ikan dan Probiotik: Mengembangkan pakan mandiri untuk Sidat dan probiotik kolam.
3. LPK Bahasa Jepang: Mengirim tenaga magang ke Jepang, bekerja sama dengan beberapa kampus di Indonesia dan Jepang.
4. Duta Sikoku Mandiri: Bergerak di bidang kayu dan konstruksi, membuat gazebo dan rumah kayu, serta menjalin kerjasama dengan perusahaan Jepang.
5. Duta Inframandiri: Mengembangkan teknologi pemetaan geologi untuk daerah rawan gempa, yang dapat digunakan di Indonesia.

Komitmen Sosial dan Keberlanjutan

Donanto juga tidak melupakan tanggung jawab sosialnya. Ia membina petani dan membuka pasar mandiri yang menjual produk langsung dari petani, tanpa perantara, sehingga harga lebih murah dan petani mendapatkan keuntungan lebih besar. Ia juga mendirikan restoran Jepang yang menyediakan lapangan kerja bagi keluarga tidak mampu.

"Saya berusaha menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya karena banyak orang membutuhkan pekerjaan," katanya.

Prinsip dan Kunci Sukses

Donanto menekankan pentingnya jaringan pertemanan dalam bisnis. "Kita harus punya banyak teman bisnis karena semakin banyak teman, semakin banyak peluang usaha," ujarnya. Ia juga mengedepankan prinsip kepercayaan dan keberanian dalam berbisnis.

Kisah Donanto adalah bukti bahwa dengan tekad, inovasi, dan dukungan dari jaringan yang kuat, seseorang bisa bangkit dari keterpurukan dan mencapai kesuksesan yang luar biasa.