Permata Tersembunyi di Kawah Muria Purba: Keindahan Desa Tempur, Jepara

Pedesaan

Jepara, sebuah kota di pesisir utara Jawa Tengah, ternyata menyimpan sebuah permata tersembunyi yang menakjubkan, yaitu Desa Tempur. Terletak di bekas kawah Muria Purba, desa ini menawarkan pesona alam yang memukau dan berbagai destinasi wisata yang memikat hati.

Desa Tempur tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi juga menyuguhkan pengalaman kuliner dan budaya yang kaya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Kafe Kebon Tempur, yang juga berfungsi sebagai homestay. Dari sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Puncak Song Likur, salah satu puncak dari Gunung Muria yang berdiri megah di kejauhan. Makanan yang disajikan pun merupakan hidangan khas desa, seperti ayam goreng, ikan hasil tangkapan sungai setempat, dan tentunya, kopi robusta yang menjadi komoditas utama desa ini.

Aliran sungai dengan air yang jernih mengalir melintasi desa, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Pengunjung bisa menikmati hidangan seperti Iwak Kali, ikan yang ditangkap langsung dari sungai, serta berbagai sayuran segar yang tumbuh subur di daerah ini. Tak ketinggalan, kopi Desa Tempur yang terkenal karena kualitasnya, dapat dinikmati dalam berbagai bentuk, baik itu biji kopi mentah (green bean), biji kopi panggang (roasted bean), maupun kopi bubuk siap saji.

Desa Tempur memang telah ditetapkan sebagai desa wisata sejak tahun 2012 berdasarkan SK Bupati, dan sejak itu, berbagai fasilitas penunjang wisata telah dikembangkan. Terdapat berbagai kafe dan homestay yang siap menyambut wisatawan, seperti Kafe Kebon Tempur yang telah disebutkan sebelumnya, serta berbagai tempat lain seperti Ngopi JeKotch, Pucuk Kopi, dan Kampung Kopi. Selain itu, terdapat pula beberapa lokasi camping ground dan homestay yang dapat menampung pengunjung yang ingin menikmati keindahan desa ini lebih lama.

Salah satu daya tarik lainnya adalah situs bersejarah dan alami seperti Watu Tumpuk dan Candi Angin yang terletak di sekitar desa. Situs-situs ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dan sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Bukit Tunggangan dan Bukit Toklik juga merupakan tempat yang sempurna untuk pendakian dan menikmati pemandangan indah dari ketinggian.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman menginap yang unik, homestay di Desa Tempur menawarkan kenyamanan dengan sentuhan lokal. Salah satu contohnya adalah homestay di Kafe Kebon Tempur yang menyediakan kamar dengan pemandangan langsung ke pegunungan dan sungai. Suara gemericik air sungai dan kesejukan udara pegunungan memberikan suasana yang sangat menenangkan.

Ali, seorang warga asli Desa Tempur yang memiliki kedai kopi di Dukuh Duplak, mengajak wisatawan untuk menikmati kopi di kedainya sambil menikmati pemandangan Puncak Song. Menurut Ali, mayoritas kopi yang diproduksi di desa ini adalah kopi robusta, yang diproses dengan cermat untuk menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat.

Desa Tempur dengan segala keindahan dan kekayaan budayanya benar-benar merupakan permata tersembunyi di bekas kawah Muria Purba. Dengan alam yang asri, kuliner khas, dan keramahan penduduk setempat, desa ini siap menyambut wisatawan untuk merasakan pengalaman yang tak terlupakan. Bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam, Desa Tempur adalah destinasi yang sempurna.