Menanam Bawang Merah dengan Mudah: Panduan Praktis dan Anti Gagal

Menanam bawang

Bawang merah, bumbu dapur yang tak pernah absen di setiap masakan, ternyata sangat mudah untuk ditanam sendiri di rumah. Melalui video terbaru dari channel Agrobisnis TV, kita diajak untuk mengetahui langkah-langkah praktis menanam dan merawat bawang merah hingga panen. Berikut adalah panduan singkat yang disampaikan dalam video tersebut.

1. Persiapan Media Tanam

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan media tanam. Gunakan tanah, sekam bakar, sekam mentah, dan pupuk NPK 16-16-16. Campurkan semuanya secara merata, lalu masukkan ke dalam pot ukuran 35x35 cm. Pastikan media tanam tidak terlalu basah agar bawang merah bisa tumbuh optimal.

2. Pemilihan dan Persiapan Bibit

Pilih bibit bawang merah yang besar dan sehat. Bibit bisa dibeli dari pasar. Sebelum ditanam, jemur bibit selama satu jam untuk memastikan bebas bakteri, kemudian simpan di tempat sejuk selama 1,5 bulan. Potong sepertiga bagian atas bibit untuk mempercepat pertumbuhan tunas baru.

3. Penanaman

Tanam bibit bawang merah dengan menancapkannya ke media tanam. Lakukan penyiraman setiap hari jika cuaca tidak hujan. Pada hari kelima, Anda akan melihat bibit mulai tumbuh dengan cepat karena kadar air yang sudah turun selama masa penyimpanan.

4. Pemupukan

Lakukan pemupukan pertama pada hari ke-18. Campurkan satu sendok makan pupuk NPK 16-16-16 dengan 10 liter air, lalu siramkan ke tanaman. Pemupukan ini bisa diulang setiap minggu. Pada hari ke-45, ganti komposisi pupuk dengan mencampurkan satu sendok teh NPK 16-16-16 dan satu sendok teh pupuk ganda silbe ke dalam 10 liter air. Siramkan campuran tersebut ke tanaman untuk memperbesar umbi dan membuatnya lebih merah.

5. Panen

Pada hari ke-60, bawang merah siap untuk dipanen. Caranya cukup mudah, cukup cabut bawang dari tanah. Nikmati hasil panen bawang merah yang segar dan siap digunakan untuk berbagai masakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah praktis ini, menanam bawang merah di rumah menjadi mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk like, comment, dan subscribe channel Agrobisnis TV untuk video-video bermanfaat lainnya.