Durian Berbuah di Depan Rumah dalam 2.5 Tahun, Jenis dan Jarak Tanam yang Tepat

Pohon durian

Agus Widodo, seorang petani dan penjual bibit durian, madu bunga randu, serta tanaman penting, membagikan kisah suksesnya menanam durian di depan rumah. Dalam 2,5 tahun, durian jenis bawor yang ditanamnya sudah berbuah, menarik perhatian banyak orang yang penasaran tentang jenis durian yang cocok dan jarak tanam yang aman dari tembok rumah.

Jenis Durian yang Cocok

Agus merekomendasikan tiga jenis durian yang cocok ditanam di depan rumah: durian bawor, montong, dan duri hitam. Menurutnya, durian bawor dan montong memiliki bentuk pohon yang cenderung vertikal dan percabangan yang rapi, membuatnya ideal sebagai tanaman hias. Durian duri hitam meski buahnya lebih kecil, memiliki bentuk pohon yang menarik dan estetis.

Proses Penanaman

Durian bawor yang ditanam Agus berasal dari bibit setinggi 130 cm. Setelah 2,5 tahun, pohon tersebut mulai berbunga dan berbuah. Agus memberikan tips penting seperti memasang penopang untuk buah yang masih muda agar tidak jatuh. Tantangan seperti serangan ayam tetangga yang bisa merusak buah durian juga dihadapi Agus, namun ia berhasil mengatasinya dengan baik.

Jarak Tanam yang Aman

Agus menekankan pentingnya menjaga jarak tanam minimal 3,5 meter dari tembok rumah. Jarak ini mencegah akar pohon merusak pondasi rumah dan mengurangi pantulan panas dari tembok yang bisa merusak pohon. Untuk hasil optimal, ia menyarankan jarak 4 meter atau lebih.

Perawatan Intensif

Selama masa pertumbuhan, Agus rutin memangkas pucuk pohon untuk mengatur pertumbuhan dan memastikan sinar matahari cukup menyinari seluruh bagian pohon. Ia juga menghadapi tantangan serangan hama dan penyakit, namun dengan perawatan yang tepat dan seleksi alam, pohon durian bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah berkualitas.

Pengalaman Berharga

Agus juga berbagi pengalaman bahwa tidak semua bunga akan menjadi buah. Ia mengingatkan untuk tidak terlalu berharap pada setiap bunga yang tumbuh. Dengan perawatan yang tepat dan penanganan yang baik, menanam durian di depan rumah bisa menjadi pengalaman yang memuaskan dan menghasilkan buah yang lezat.

Bagi yang ingin mencoba menanam durian di depan rumah, memilih jenis yang sesuai dan menjaga jarak tanam yang aman adalah kunci sukses. Dengan perawatan intensif dan penanganan yang tepat, pohon durian bisa tumbuh subur dan berbuah dalam waktu relatif singkat, seperti yang dialami oleh Agus Widodo.