Cara Mudah Membuat Kecambah Kacang Hijau yang Bagus

Pembuatan kecambah

Membuat kecambah kacang hijau di rumah ternyata mudah dan menyenangkan! Berikut langkah-langkah praktis yang bisa Anda ikuti untuk menghasilkan kecambah yang sehat dan lezat.

Persiapan Bahan
Untuk memulai, siapkan biji kacang hijau sebanyak 100 gram atau sesuai kebutuhan. Cuci bersih biji kacang hijau dengan air mengalir atau di dalam wadah. Pastikan Anda membuang biji yang terbelah dan kotoran yang tercampur.

Proses Perendaman
Setelah biji kacang hijau dicuci bersih, rendam dalam air biasa selama kurang lebih 8 jam. Anda bisa menggunakan air dingin atau air hangat, tergantung preferensi. Setelah 8 jam, buang air rendaman dan bilas kembali dengan air bersih.

Penyiapan Wadah dan Penyemaian
Gunakan wadah berlubang seperti saringan kelapa dan panci yang sesuai ukurannya. Letakkan serbet atau kain di atas wadah, kemudian tuangkan biji kacang hijau secara merata. Jangan terlalu banyak menumpuk biji agar tumbuhnya lebih baik. Tutup atau lipat kain serbet untuk menutupi biji, lalu siram dengan air bersih hingga basah. Biarkan air mengalir melalui lubang saringan.

Penyiraman dan Penyimpanan
Siram kecambah setiap 8-12 jam sekali dan simpan di tempat gelap. Anda bisa menutup wadah dengan handuk atau plastik hitam untuk menghindari cahaya. Lakukan penyiraman secara rutin, pagi dan sore hari.

Pemantauan Pertumbuhan
Dalam 24 jam pertama, kecambah akan mulai tumbuh. Lanjutkan penyiraman dan simpan di tempat yang lembab namun tidak becek. Pada hari ketiga, kecambah akan semakin tinggi dan merata. Di hari keempat, akarnya sebagian menembus wadah.

Panen
Pada hari kelima, kecambah kacang hijau sudah siap dipanen. Tingginya cukup dan warnanya putih bersih dengan daun kuning kuncup. Potong akar dengan pisau untuk memudahkan panen. Kecambah ini bisa langsung diolah atau disimpan.

Pengolahan Kecambah
Kecambah kacang hijau bisa dicampur dengan berbagai masakan atau dijadikan lalapan. Rebus sebentar dan siram dengan bumbu saus tiram untuk sajian yang lezat. Sebelum dimasak, pastikan mencuci kecambah dengan air bersih agar kulit kacang hijaunya terlepas.

Membuat kecambah kacang hijau sendiri memberikan kepuasan tersendiri. Selain mudah, Anda juga bisa memastikan kebersihan dan kualitasnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!